Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 Februari 2011

[info] Jajangmyeon - masakan Korea


Bulan Mei biasanya dijuluki oleh masyarakat Korea sebagai bulan keluarga. Cukup banyak hari istimewa yang memperhatikan anggota keluarga. Oleh sebab itu pada bulan yang merupakan puncak musim semi ini masyarakat Korea sering makan di luar bersama dengan keluarganya. Salah satu menu makanan yang disukai oleh masyarakat Korea ketika makan di luar rumah adalah Jajangmyeon atau mie hitam. Jajangmyeon yang disukai oleh hampir semua orang Korea, baik anak-anak maupun orang dewasa ini mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Jajangmyeon bukanlah makanan asli Korea. Makanan ini berasal dari Cina. Di Korea Jajangmyeon diperkenalkan oleh keturunan Cina yang mendarat di kota Incheon pada tahun 1905. Pertama-tama perantau Cina itu menjual Jajangmyeon ala Cina kepada orang Cina di kawasan kediaman keturunan Cina. Setelah konsumsi Jajangmyeon kaum Cina menurun, maka mereka mulai memasak Jajangmyeon sesuai dengan selera makan masyarakat Korea. Jajangmyeon ala Korea itu dimasak oleh restoran Cina, Gonghachun, di kota Incheon. Restoran yang membuka sejarah makanan baru itu sekarang tidak ada tapi di China town atau pemukiman keturunan Cina Incheon masih banyak restoran Cina yang menjual Jajangmyeon. Selain di daerah Incheon, Jajangmyeon atau mie hitam dapat juga dimakan di restoran Cina di sekitar perumahan masyarakat Korea. Masakan Jajangmyeon harganya sangat murah dan sangat disukai masyarakat jadi dianggap sebagai masakan rakyat Korea.



Bahan-bahan

600g mie basah
100g daging sapi
2 buah bawang bombai
1/2 buah zukini
2 buah kentang
1 sdm gula pasir
4 sdm air sagu
2 gelas air,
7 sdm minyak
6 sdm saus Jajangmyeon yang disebut Chunjang


Cara membuat

Potong daging
Potong dadu bawang bombai, kentang, dan zukini
Goreng saus Jajangmyeon dengan 6 sdm minyak
Panaskan wajan dengan 1 sdm minyak lalu goreng bawang bombai
Kemudian masukkan daging sapi, zukini, dan kentang
Setelah bahan-bahan itu matang masukkan saus yang sudah digoreng
Aduk-aduk supaya merata lalu tuangkan air sagu
Setelah dididihkan selama 5 menit lagi matikan api.
Rebuslah mie lalu bilas dengan air.
Taruh mie dalam mangkuk besar dan tuangkan saus di atasnya.
Sajikan bersama dengan asinan lobak kuning.


Untuk Jajangmyeon biasa daging babi dipakai jadi orang yang tidak makan daging babi tidak mau mencobanya. Tapi ada juga Jajangmyeon dari hasil laut yang disebut Samseon Jajangmyeon dan Jajangmyeon dari daging sapi. Jajangmyeon itu selalu disajikan bersama dengan asinan lobak kuning yang bernama Danmuji. Lobak yang berasa asin, asam, dan manis menambah rasa Jajangmyeon.

1 komentar:

sabeanshaan 3 Maret 2022 pukul 08.11  

Blackjack, Roulette, And More - Dr.MCD
You have multiple options, and you have a unique game: Blackjack, Roulette, and more. 청주 출장안마 Choose 안동 출장안마 between two or 창원 출장안마 more versions of the game, 양주 출장마사지 and 의정부 출장마사지 choose

Posting Komentar

My Korean name is Park Min Ra.
Take Korean Name Generator today!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.


ShoutMix chat widget

About This Blog

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP